Setiap unsur-unsur warna penyusun pelangi saling berpegangan dengan erat. Mereka meramahkan diri mereka dengan jalinan kasih sayang. Warna-warna pelangi yang terlihat dari permukaan bumi tempat kita berpijak adalah sebuah gambaran kekuasaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Ciptaan-Nya yang sangat indah menggelora di jagat raya ini.
Senyum dari warna-warni indah pelangi diibaratkan sebagai keindahan dan syukur menjalani mozaik kehidupan ini. Dalam menjalankan hidup ini kita butuh satu kalimat  sederhana yaitu bersyukur. Mensyukuri terhadap segala yang telah didesain oleh Tuhan Yang Maha Esa. Ini adalah satu bentuk pengabdian kita kepada Sang Kuasa. Karena dengan itu kita akan dapat hidup lebih tenang. Berkebalikan dengan bersyukur yaitu kufur. Kufur adalah wujud tidak syukur manusia terhadap pemberian Tuhan Yang Maha Esa. Pilih mana, kita hanya tinggal jalanin hidup ini, kita tidak perlu susah payah memdesain, semua sudah ada yang membuat.
Seindah pelangi di langit Negera Indonesia mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu keindahan negara  yang dilalui oleh garis khatulistiwa dibanding negara-negara lain. Negara yang memiliki hutan hujan tropis dengan keanekaragaman hayati yang melimpah. Memiliki dua musim yakni, hujan dan kemarau menambah keasrian negeri ini. Sungguh indah alam ini, hujan yang diharapkan para petani untuk kesuburan tanaman –tanaman mereka. Juga mempunyai banyak manfaat selain  sebagai syarat siklus air juga menyimpan keindahan bagi insan-insan di bumi pertiwi ini. Selayaknya sebagai insan yang tinggal di bumi pertiwi ini, marilah kita sadar akan kelangsungan hidup kita. Jaga bumi pertiwi ini tetap asri. Jika memang kita berada di posisi seorang kontraktor ataupun pengusaha yang harus menebang pohon-pohon yang rindang yang menjadi paru-paru bumi pertiwi ini untuk membuka sebuah lahan pekerjaan. Jangan lupa untuk menanam pohon kembali. Ini bukti respect terhadap bumi pertiwi.
Selain menyadari dan mensyukuri keindahan alam yang telah diberikan oleh-Nya. Kita juga patut mensyukuri indahnya mozaik kehidupan yang telah didesain Tuhan yang Maha Esa kepada kita. Banyak orang yang mengeluh tentang kehidupan mereka yang terus tertimpa masalah, namun jika orang itu mampu bersyukur atas apa yang mereka dapatkan pasti akan terasa lebih tenang dan damai, karena dengan itu kita akan lebih dengan Sang Maha Kuasa.
Seorang teman yang kujumpai di bangku sekolah, dia tipe orang yang sangat peka terhadap emosi. Dia selalu mempermasalahkan setiap mozaik kehidupannya. Sehingga sering sekali dia curhat denganku. Padahal aku selalu menganggap masalah yang datang kepadaku itu hanyalah angin yang sekadar lewat dan akan segera berlalu. Namun temanku yang satu ini tidak, dengan masalah yang dia dapatkan dia semakin dekat dengan Sang Kuasa. Aku pun iri ternyata dengan menghayati setiap permasalahan yang datang dapat menjadi sebuah kenangan yang dapat dijadikan bahan pelajaran.
Wahai kawan begitu indah kalimat syukur itu. Bersyukur itu dapat membawa kita kepada hidup yang kecukupan dan tenang, lebih tenang dari orang-orang kaya yang hidup hanya mengejar kekayaan dunia.
Jika kalian menginginkan syukur yang indah, mari liburan atau berwisata ke puncak gunung, atau dataran yang lebih tinggi untuk melihat ciptaan Tuhan yang begitu menakjubkan. Kalian kan merasakam syukur yang sangat dalam.


Leave a Reply